WILUJENG SUMPING DI SITUS SATORI Poenya

10.23.2008

Tanaman Rambat yang Berbunga Terus

JIKA Anda ingin menghias taman dengan tanaman merambat, biasanya pilihan jatuh pada tanaman sirih atau alamanda. Padahal masih ada lho tanaman rambat lainnya. Tidak hanya mempesona dengan hijaunya dedaunan, tetapi juga dengan warna bunganya yang memikat. Salah satunya adalah Petrea Volubilis.

Tanaman perdu asal Amerika Tengah ini mungkin jarang Anda dengar dan lihat. Padahal tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman tropis, yang dapat tumbuh subur di Indonesia. Di beberapa negara lain, tanaman merambat ini memiliki banyak sebutan. Antara lain, Queen's Wreath, Purple Wreath, Blue Bird Vine, Purple Vine, dan beberapa nama lainnya.

Salah satu yang membuat tanaman ini menarik adalah bunganya yang berwarna ungu cerah. Tidak hanya satu atau dua buah, bunga Petrea Volubilis dapat mekar di sepanjang batangnya. Uniknya lagi, sebelum tanaman ini gugur, terlebih dahulu terjadi perubahan warna. Warna ungu cerah perlahan memucat, kemudian berubah warna menjadi hijau, dan akhirnya gugur.

Masih banyak alasan yang menjadikan tanaman ini layak menjadi pilihan Anda. Selain dapat berbunga sepanjang tahun, perawatan tanaman ini pun tidak sulit. Anda cukup menyiramnya satu kali dalam satu hari. Jangan lupa meletakkannya di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh.

Ada beberapa pilihan cara menanam Petrea Volubilis ini. Anda bisa menanamnya dengan membiarkannya merambat, atau menanamnya di pot. Jika Anda ingin membuatnya merambat, Anda tinggal menanamnya di tempat yang bisa dijadikan tempat merambat. Anda bisa menanamnya di sekitar tiang atau tembok halaman, misalnya.

Tak ingin membuatnya merambat? Anda juga bisa menanamnya di pot. Jika Anda memilih cara yang kedua ini, dalam pertumbuhannya tanaman akan membentuk semak. Ketika bunganya bermunculan, tampilannya pun akan membuat taman Anda semakin menarik.

Ingin membuat gazebo beratap tanaman? Si cantik berbunga ungu ini bisa menjadi pilihan menarik. Anda tinggal membuat rangka atap dari kawat atau besi. Kemudian biarkan Petrea Volubilis merambat hingga menutup seluruh permukaan rangka. Untuk membuatnya memang sedikit memakan waktu, namun hasilnya pun tak akan mengecewakan.

Penulis: Anissa
Foto: Surai
Lokasi dan properti: Rumah Endang Lestari, Ciledug, Tangerang.
Kompas.com


Artikel yang berhubungan