WILUJENG SUMPING DI SITUS SATORI Poenya

11.25.2008

Berdaun Jarang Harga Selangit

Pesona tanaman philo tidak hanya terletak pada daunnya. Batangnya pun dapat mengundang ketertarikan. Philo Kabel Busi salah satunya.

PHILODENDRON grandiflorum atau yang lebih dikenal dengan sebutan Philo Kabel Busi, tidak hanya indah karena warna hijau dan bentuk daunnya. Philo ini juga indah karena warna batangnya yang oranye kemerahan, seperti kabel busi. Warna batang membuat philo mempesona banyak orang.

Sama seperti jenis philo lainnya, tanaman yang berasal dari hutan tropis ini, tidak terlalu menyukai panas matahari. Oleh karena itu, philo digolongkan sebagai indoor plant. Namun, jika Anda ingin meletakkannya di dalam rumah, jangan menyimpannya terlalu lama. Setelah tiga hari sebaiknya Anda keluarkan, agar tanaman mendapatkan cukup sinar matahari.

Selain keindahan daun dan batangnya, perawatan philo juga praktis. Anda tidak perlu terlalu sering menyiramnya. Cukup dua hari sekali. Bahkan, jika musim hujan tiba, frekwensi penyiraman boleh lebih jarang. Terlalu disiram, akar philo bisa busuk.

Tipe philo kabel busi merupakan salah satu jenis yang kini mulai digemari. Harganya cukup tinggi. Dihitung berdasar jumlah helai daunnya. Philo berdaun tunggal dihargai Rp400.000. Rata-rata philo kabel busi dapat mengeluarkan satu helai daun selama setahun.

Menurut kolektor tanaman dan desainer lansekap, Endang Lestari, kebiasaan buruk philo kabel busi itu bisa diakali. Menggunakan media tanam yang tepat, pertumbuhan daun bisa dipercepat. Media tanam yang dimaksud adalah campuran dari tanah, pakis, sekam, kokopit (sabut kelapa), pasir malang, dan humus.

"Dengan media tanam demikian, pertumbuhan daunnya tidak lagi satu per tahun, melainkan jadi dua helai daun satu tahun," ujar Endang.

Nah agar pertumbuhannya maksimal, sebaiknya letakkan Kabel Busi di dekat kolam. Tajuknya yang lebar akan membuat taman dan kolam Anda tampil semakin teduh dan sejuk. Selain itu, jika tak sempat menyiramnya secara teratur pun tak mengapa. Uap air dari aliran air kolam dapat memenuhi kebutuhan Kabel Busi akan air dan kelembapan.

Penulis: Anissa
Foto: Surai
Kompas.com

Artikel yang berhubungan